Categories
Uncategorized

Cara Membuat Game

TerasKaltim

Awali game pertama Anda dengan ikhtisar dua mesin paling populer dalam pengembangan game, Unity* dan Unreal

Bagaimana Video Game Dikembangkan?

Video game mensintesis sejumlah media artistik yang berbeda: menulis, musik, seni digital, dan animasi, semuanya disatukan oleh kode. Bagi mereka yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara membuat game, mungkin akan membingungkan untuk mengetahui dari mana harus memulai.

Kabar baiknya adalah, saat ini, siapa pun yang memiliki PC dapat menjadi pembuat game. Alat pengembangan game telah menjadi sangat mudah diakses; banyak platform pengembangan gratis untuk diunduh, dan tidak semuanya memerlukan pengetahuan mendalam tentang bahasa pemrograman atau pengalaman dalam pengkodean.

Jika Anda seorang calon pengembang game, Anda beruntung — membuat game jauh lebih mudah daripada yang mungkin Anda pikirkan sebelumnya. Sementara beberapa pengembang game memulai dengan mempelajari cara memodifikasi game favorit mereka, mesin game saat ini sangat mampu sehingga bahkan pemula dapat menggunakannya untuk membuat game dari awal.

Banyak studio pengembangan game yang lebih besar akan menggunakan mesin milik mereka sendiri untuk pengembangan. Namun, mesin yang tercantum di bawah ini tidak hanya alat canggih yang mampu mendorong pengalaman kelas profesional, tetapi juga sangat cocok untuk orang yang mengerjakan proyek pertama mereka.

Dalam artikel ini, kita akan membahas dua platform pengembangan yang paling banyak digunakan — Unity* dan Unreal Engine 4* — keduanya dapat Anda gunakan untuk mulai mengerjakan game pertama Anda. Meskipun Anda belum pernah mendesain model 3D atau menulis sebaris kode, jangan khawatir: Kami yakin Anda dapat membuat game Anda sendiri.

Pengantar Kesatuan*

Unity* adalah salah satu mesin game paling populer di dunia, yang digunakan oleh pengembang game, dan seniman digital. Game yang dibuat dengan mesin Unity* termasuk Hearthstone, Cuphead, dan Subnautica*. Opsi lisensi “pribadi”-nya gratis, sedangkan opsi “plus”, “pro”, dan “perusahaan” masing-masing dibayar.

Unity* terkenal karena aksesibilitasnya, dokumentasinya yang luas, dan komunitas pembuatnya yang sangat antusias dan murah hati. Selain itu, Unity* membuat pengembangan lintas platform menjadi sangat sederhana, dan bahkan mendukung antarmuka khusus untuk mengembangkan game dalam 2D ​​atau 3D. Ini adalah platform yang bagus untuk pemula sebagian karena memberi mereka banyak ruang untuk tumbuh.

Cara Menggunakan Unity

Skrip Unity* didasarkan pada bahasa pemrograman populer C#. Jika Anda belum pernah membuat kode sebelumnya, Unity* menampilkan sejumlah tutorial yang memandu Anda menulis skrip dari awal dan masing-masing diurutkan berdasarkan tingkat kesulitan. Banyak dari tutorial ini dimaksudkan untuk menghasilkan game yang sepenuhnya matang, sehingga sangat cocok untuk memperkenalkan konsep pengkodean baru dan membangun kepercayaan diri Anda sebagai desainer game yang sedang berkembang. Panduan pengguna Unity* juga penuh dengan wawasan, contoh, dan referensi tutorial yang bermanfaat.

Selain itu, jika Anda tidak tertarik untuk belajar coding pada tingkat yang lebih dalam, Unity* juga memiliki aset yang sangat kuat yang menampilkan semua blok bangunan yang Anda perlukan untuk mulai membuat game Anda sendiri, termasuk model 3D & 2D, audio, shader, ekstensi editor, template, skrip, dan sejumlah alat bermanfaat lainnya.

Namun, Unity* benar-benar unggul dalam hal komunitasnya yang penuh semangat. Hub online Unity* menyelenggarakan forum, situs komunitas berbasis Tanya Jawab, dan platform untuk grup pengguna. Jika Anda entah bagaimana tidak dapat menemukan jawaban atas pertanyaan Anda dalam dokumentasi komprehensif Unity, cukup ketikkan kata kunci yang terkait dengan masalah Anda ke dalam bilah pencarian di bagian atas situs web Unity kemungkinan akan menghasilkan sejumlah posting yang ditawarkan oleh pengguna Unity solusi yang relevan untuk masalah yang dihadapi.

Sejak awal, Unity* telah berupaya membantu mendemokratisasi pengembangan game dan membantu memastikan bahwa orang-orang dari semua latar belakang dapat memiliki akses ke alat yang mereka butuhkan untuk membuat proyek impian mereka. Ini adalah platform yang hebat untuk pemula sambil memberi Anda sumber daya penting yang Anda butuhkan untuk unggul, apakah Anda seorang penggemar atau pengembang profesional yang bercita-cita tinggi.

Pengantar Unreal Engine 4*

Unreal Engine* dimiliki oleh Epic Games, yang menggunakannya untuk mengembangkan game mereka sendiri, termasuk Fortnite, Gears of War, dan Infinity Blade. Engine game ini juga digunakan dalam pengembangan beberapa game PC terbesar tahun lalu seperti Ace Combat 7: Skies Unknown, Tropico 6, dan Crackdown 3. Unreal Engine 4* dibuat gratis untuk diunduh pada tahun 2015, meskipun Epic* meminta royalti 5% untuk semua pendapatan kotor untuk game dan aplikasi yang dikirimkan setelah $3.000 pertama per kuartal.4

Unreal Engine* secara luas dianggap sebagai pembangkit tenaga listrik untuk menghasilkan grafik yang setara dengan game AAA. Reel fitur yang mereka pamerkan di GDC 2018 berbicara sendiri. Dari animasi wajah fotorealistik hingga rendering yang kompleks dan akurat secara fisik, mesin ini mampu melakukan beberapa hal yang sangat menakjubkan.

Cara Menggunakan Unreal Engine 4*

Unreal Engine* menampilkan UI yang mudah diakses dan dinavigasi, dan beberapa template proyek bermanfaat yang dapat berfungsi sebagai blok pembangun untuk game Anda sendiri atau sekadar menunjukkan kemampuan platform. Sama seperti Unity, Unreal Engine dilengkapi sepenuhnya dengan hal-hal penting yang Anda butuhkan untuk membangun dan mengirimkan game yang lengkap.

Anda juga tidak perlu menjadi pembuat kode ahli untuk menggunakannya. Unreal Engine* memiliki sistem yang sangat ramah bagi pemula yang disebut “Blueprint Visual Scripting,” yang menghasilkan prototipe dan visualisasi dengan cepat tanpa harus menulis satu baris kode pun. Ini sangat kuat ketika mempertimbangkan bahwa alat dan proses ini biasanya hanya tersedia untuk pemrogram. Blueprint Visual Scripting mendorong desainer dari berbagai latar belakang untuk mewujudkan ide mereka melalui Unreal Engine*.

Sistem ini memungkinkan pengguna menautkan “node” bersama untuk membuat elemen gameplay. Setiap node berisi fungsi, peristiwa, atau variabel yang dapat dirangkai ke yang lain. Untuk pemula, ini juga merupakan sistem yang berguna untuk mengenal konsep desain game tanpa perlu memahami kode di baliknya.

Namun, setelah Anda siap untuk mulai menulis skrip Anda sendiri, Unreal Engine* didasarkan pada C++, bahasa pemrograman yang didukung oleh banyak sumber daya pendidikan. Sama seperti Unity*, Unreal juga memiliki pasar yang menawarkan sejumlah aset, plug-in, dan alat lain untuk Anda gunakan.

Selain itu, pada tahun 2018, Intel bermitra dengan Unreal* untuk membantu memastikan mesin dioptimalkan untuk gameplay PC. Sebelumnya, pengembang sering merancang game untuk gameplay konsol, secara efektif membiarkan potensi platform PC yang belum dimanfaatkan menjadi sia-sia. Dengan bantuan Intel, Unreal Engine* kini dilengkapi untuk mengembangkan game dengan kapasitas untuk memanfaatkan sepenuhnya kekuatan pemrosesan PC. Ini memengaruhi hal-hal seperti simulasi fisika, AI, pencahayaan, audio, dan banyak lagi.

Unreal* memiliki potensi untuk mendorong batas kemampuan grafis, pengoptimalan CPU, dan kinerja PC secara keseluruhan. Ini juga sangat penting untuk diperiksa apakah skrip visual melalui sistem Blueprint tampaknya kompatibel dengan proses desain Anda.

Yang Mana Yang Harus Saya Pilih?

Kedua mesin game ini sangat kuat di tangan yang tepat dan sama-sama layak untuk memulai karir Anda sebagai desainer game. Karena keduanya gratis untuk diunduh untuk individu, saran kami adalah mencoba keduanya dan melihat mana yang sesuai dengan gaya Anda.

Jika Anda baru dalam pengkodean, Anda juga dapat membiarkan sistem skrip mereka memutuskan untuk Anda. Jika Unity* yang ramah-C# terasa lebih mudah diambil, maka Anda harus menggunakan Unity; jika sistem skrip visual C++/Blueprint tampaknya lebih cocok untuk Anda, Anda harus menggunakan Unreal. Ada juga banyak tutorial untuk kedua mesin game di YouTube* dan situs seperti Udemy*. Lihat video pengantar untuk seri tutorial yang berbeda dan lihat UI mana yang lebih mudah dilihat.

Terlepas dari itu, tidak ada keputusan yang Anda buat yang sepenuhnya tidak dapat diubah. Jika Anda menemukan bahwa mesin yang Anda pilih tidak terasa benar, Anda selalu dapat memindahkan aset dan konsep desain Anda ke mesin lain. Anda mungkin harus menulis ulang beberapa skrip, tetapi melakukannya hanya akan membantu meningkatkan keahlian Anda dalam mesin baru.

Apa yang Anda Butuhkan

Untungnya, Unity* dan Unreal Engine 4* dirancang untuk berjalan di berbagai jenis mesin. Saat ini, pengembangan game dimungkinkan di hampir semua PC desktop atau laptop rata-rata. Namun, perlu diingat bahwa banyak dari ini tergantung pada sifat dan ruang lingkup proyek Anda. Mengembangkan dalam 3D jauh lebih menuntut daripada mengembangkan dalam 2D, dan hanya karena PC Anda dapat menjalankan Unity* atau Unreal Engine 4*, itu tidak berarti itu akan menjadi pengalaman bebas kerut yang mungkin Anda perlukan untuk proses kreatif Anda sendiri.

Apa pun proyek Anda, Anda tidak boleh meremehkan pentingnya CPU yang kuat untuk pengembangan game. Multithreading sangat membantu dengan waktu kompilasi dan rendering, yang dapat membantu jika Anda membuat adegan dengan tergesa-gesa. Sebaiknya gunakan prosesor Intel® Core™ i7 terbaru atau lebih tinggi. Memiliki akses ke jumlah inti dan utas pemrosesan yang layak serta frekuensi yang ditingkatkan akan membantu Anda menghemat waktu berjam-jam memutar-mutar ibu jari dan menunggu pekerjaan Anda dirender dan dikompilasi.

Saatnya Bekerja!

Sekarang setelah Anda mengetahui lebih banyak tentang Unity* dan Unreal Engine 4*, apa yang menghentikan Anda untuk mengunjungi halaman unduhan dan memeriksanya hari ini? Kami sangat menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokumentasi mereka untuk tutorial pengantar. Jika, di akhir sesi Anda, Anda dapat membangun dan menjalankan aplikasi buatan Anda sendiri — maka, selamat! Anda tahu cara membuat game. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara membuat game itu menyenangkan, di sisi lain, lihat panduan pemula kami untuk desain game.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *