Kebiasaan Sehari-Hari Bisa Menyebabkan Bibir Kering, Lo!

Kesehatan

Tidak hanya rambut dan kulit indah saja, bibir menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang bisa tampak sehat dan menarik. Bibir yang kering dan tampak pecah-pecah tidak hanya menganggu penampilan, tetapi menjadi tanda Anda mengalami gangguan kesehatan, seperti malnutrisi, dehidrasi, dan iritasi. Nah, kalau ingin lebih jelas informasinya silakan perhatikan ulasan kami di sehat.online.

Bibir merupakan salah satu hal yang menjadi kebanggaan bagi beberapa klangan. Bentuk bibir juga penting sebagai daya tarik perempuan. Memiliki bibir yang sehat menjadi nilai plus bagi perempuan. Sayangnya, beberapa perempuan mengeluh bibir yang kering dan pecah-pecah. Mengenakan lipstik bertujuan agar bibir tampak lebih indah malah membuat bibir lebih buruk ketika kering dan pecah-pecah.

Kulit bibir yang tidak mempunyai pelindung terhadap paparan sinar matahari, angin, perubahan temperatur, dan pengaruh AC menjadi penyebab paling sering pada bibir kering. Karena tidak seperti bagian kulit lainnya, kulit bibir tidak mempunyai melanin, yaitu pigmen sebagai pewarna kulit sekaligus pelindung kulit. Nah, kulit bibir tidak mempunyai kelenjar yang bisa menghasilkan pelumas alami sebagai pelembap bagian kulit.

Kelembapan hilang dari bibir melalui bagian wajah atau tubuh lainnya. Saat kehilangan kelembapan, kulit sebagai pelapis bibir terasa kaku dan mulai pecah-pecah akibat paparan sinar matahari, udara dingin, dan angin. Berikut adalah perilaku yang sering dilakukan oleh seseorang dan menyebabkan bibir kering maupun pecah-pecah.

  • Bernapas melalu mulut mungkin sering dilakukan oleh banyak orang ketika membutuhkan banyak oksigen. Padahal, kebiasaan ini bisa berdampak pada bibir kering karena udara saat bernapas lewat mulit bisa menghilangkan kelembapan.
  • Bibir kering dan pecah-pecah bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda sedang kekurangan gizi. Bibir kering bisanya menandakan bahwa Anda kurang mengonsumsi makanan dengan kandungan riboflavin dan folat maupun vitamin B2.
  • Kebiasaan lain yang menyebabkan bibir kering dan pecah adalah menjilat bibir. Bibir bisa kering akibat Anda sering bibir. Anda mungkin sampai sekarang ini masih melakukan kebiasaan ini. Terlalu sering melakukannya akan berdampak pada kehilangan kelembapan pada bibir sehingga pecah-pecah dan kering.

Memahami penyebab bibir kering dan pecah-pecah setidaknya membuat Anda sadar bahwa perilaku bisa berdampak pada kelempaban bibir. Itu saja dari kami, tetap kunjungi sehat.online untuk menemukan informasi kesehatan lainnya.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*